Perlunya Visi dan Misi Usaha

20121112-133019.jpg

Hidup Harus Mempunyai Tujuan.

Untuk menyongsong masa depan, seseorang harus mempunyai dan menetapkan apa tujuan hidupnya. Tujuan hidup yang jelas membuat kita dapat fokus dalam menghadapi gelombang kehidupan. Kita dapat terus menentukan arah dengan langkah yang tepat, dan secepatnya memperbaiki sesuatu hal atau segera memutuskan untuk tidak memilih sesuatu hal.

Dengan menetapkan tujuan hidup, kita akan memperoleh motivasi hidup yang lebih untuk mengembangkan apapun yang menjadi target hidup kedepan. Apasih kira-kira tujuan hidup kita pada umumnya ? Dengan membaca salah satu tulisan Robert T. Kiyosaki, dijabarkan dengan sederhana bahwa :

Tujuan hidup manusia pada umumnya adalah ingin merasa aman, nyaman dan kaya raya.

Sebagai Kendaraan Perlu Bisnis.

Untuk mencapai tujuan hidup kedepan, manusia itu perlu suatu kendaraan, kendaraan dalam bentuk suatu bisnis, usaha mandiri atau bekerja di suatu perusahaan. Seperti halnya perusahaan, dalam mendirikan usaha, tujuan dari mendirikan usaha harus diterjemahkan atau dijabarkan kedalam istilah kerennya yaitu Visi dan Misi. Nah agar tidak sulit dan nyelimet dalam menentukan visi dan misi ini, coba kita telaah terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan visi dan misi.

Pengertian Visi Secara Umum.

Visi adalah pernyataan tentang pandangan jauh kedepan mengenai usaha atau bisnis yang akan dimulai, apa saja tujuannya dan apa yang akan dicapai kedepannya nanti. Visi tidak ditulis secara detail, hal ini dikarenakan adanya kemungkinan perubahan ilmu dan situasi yang sulit diprediksi dimasa jauh kedepan.

Dalam membuat pernyataan visi ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dipenuhi yaitu :

  • Harus berorientasi ke depan dan tidak berdasarkan kondisi saat ini.
  • Menggambarkan kreatifitas dan mengandung penghargaan kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Misi Secara Umum.

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha untuk mewujudkan Visi. Misi usaha adalah cara mencapai tujuan dan alasan mengapa usaha itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan dalam proses pencapaian tujuan.

Dalam merumuskan Misi hindari ha-hal sbb :

  • Jangan terlalu luas, artinya apa yang akan kita capai seharusnya cukup berkisar antara 2-5 tahun kedepan saja dahulu. Dan jika ingin membuka cabang toko sembako, janganlah sampai seluruh kota di Indonesia. Itu terlalu berambisi.
  • Juga jangan terlalu sempit, artinya apa yang akan dicapai jangan hanya dalam satu tahun saja, itu terlalu pendek, atau kalau misalnya mau membuka toko sembako jangan hanya menjual beras saja, itu terlalu sempit targetnya.

Jadi dalam merumuskan misi sebaiknya wajar-wajar saja namun tetap menggambarkan kemajuan dan keberhasilan usaha yang diharapkan dan tentu disesuaikan dengan kemampuan yang ada dan yang akan ada. Misi ini suatu saat bisa direvisi kembali sesuai perkembangan usaha atau situasi usaha.

Tanpa Visi dan Misi Sulit Mencapai Tujuan.

Setelah mengetahui apa itu visi dan misi. Kita dapat memastikan bahwa tanpa memiliki dan memahaman visi dan misi. Maka apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sesuatu yang sulit untuk direalisasikan.

Usaha atau Bisnis yang akan kita bangun kalau diumpamakan itu adalah suatu kendaraan kecil atau bisa kendaraan besar yang akan kita gunakan untuk kita melakukan suatu perjalanan jauh.

Visi adalah tujuan dari perjalanan yang sudah dipetakan sehingga begitu jelas kemana arahnya ataupun tujuannya.

Sedangkan Misi adalah cara bagaimana untuk pencapaiannya ke tujuan, serta persiapan apa saja yang harus diperlukan, serta berapa lama perjalanan yang harus ditempuh, dan peralatan apa saja yang harus dibawa, sehingga kendaraan yang akan digunakan apakah sesuai untuk besar atau kecilnya muatan yang akan dibawa, dan apakah kendaraan tersebut mampu mencapai kecepatan yang diperlukan, sehingga bisa selamat dan tepat waktu untuk sampai ditujuan.

Visi Dan Misi Harus Mempunyai Daya Dorong.

Visi dan misi yang baik seharusnya mampu mendorong seseorang untuk mewujudkan, artinya

  • Mempunyai daya tarik sehingga tidak ada keinginan untuk tidak berhenti berjuang mewujudkannya.
  • Harus realistis artinya ada kemungkinan untuk dicapai serta mempunyai daya antisipasi terhadap perubahan masa.

Membangun atau menyusun visi usaha sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  1. Apa yang dibutuhkan oleh pasar. Tujuan usaha adalah mencari keuntungan seoptimal mungkin. Oleh karena itu, observasi pasar sangat diperlukan agar ada kesesuaian kebutuhan pasar dengan produk yang ditawarkan.
  2. Segmen pasar seperti apa yang menjadi sasaran. Distribusi produk harus disampaikan secara tepat pada sasaran yang dituju sehingga kesinambungan proses produksi terjaga.
  3. Bagaimana cara memberikan pelayanan yang prima pada pelanggan. Ini hal yang penting dan penjamin keberlangsungan hidup usaha. Sebaik apapun produknya, jika pelayanan yang diberikan kurang memadai, tidak menutup kemungkinan konsumen akan berpindah ke tempat lain.
  4. Menyadari kemampuan yang dimiliki. Semakin mengetahui potensi yang dimiliki akan mempermudah untuk menciptakan produk, melakukan modifikasi, menentukan jurus pemasaran yang tepat, dan sebagainya.

Misi Juga Merupakan Strategi Usaha.

Misi adalah strategi untuk merealisasikan visi yang telah dibuat. Misi juga menjadi jembatan bagi masyarakat pengguna informasi untuk mengenal karakter dan image usaha. Dengan memiliki misi yang jelas berarti :

  1. Mendekatkan diri dengan tujuan/harapan yang diinginkan.
  2. Memanfaatkan kemampuannya.
  3. Membuat penerangan arah jalan hidupnya.
  4. Menciptakan power sewaktu mengalami kelesuan dan mempertahankan semangat sewaktu di puncak kesuksesan.

Dengan uraian tersebut diharapkan kita semua dapat mengartikan seberapa perlu dan penting menetapkan visi dan misi. Tanpa adanya visi dan misi kita tidak dapat fokus tidak punya arah untuk tujuan, sehingga sulit untuk mencapai cita-cita hidup atau usaha. Maka salah satu syarat untuk memulai usaha diperlukan kesiapan pondasi usaha yang mantap dengan membuat pernyataan dalam bentuk visi dan misi yang kuat.

Artikel Terkait :

## Mendefinisikan Misi.

Page view


17 thoughts on “Perlunya Visi dan Misi Usaha

  1. Hі … I’m Jerome. I spend tⲟo much tіme surfing tthe internet fоr funny οr intеresting articles and postings.
    Ⅰ hope yoᥙ liқе thiѕ one, which I found
    a little աhile ago. TNQ!

  2. Wonderful beat ! I ould like to apprentice while you amend your site,
    how can i subscribe for a blog site? The account aided me a acceptable
    deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

  3. I just like the valuable information you provide for your
    articles. I will bookmark your weblog and take a look at again here regularly.
    I’m slightly certain I’ll learn a lot of new stuff proper right here!
    Good luck for the next!

  4. What i do not realize is in fact how you are not really a lot more smartly-preferred
    than you may be right now. You are very intelligent.

    You know therefore considerably relating to this matter, produced me in my view believe it from so many various angles.

    Its like men and women are not involved unless it is one thing
    to accomplish with Girl gaga! Your personal stuffs nice.
    Always handle it up!

  5. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself
    or did you hire someone to do it for you? Plz answer back as I’m looking to construct my own blog and would like to find
    out where u got this from. thanks

  6. Hello, i think that i noticed you visited my web site so i
    came to go back the prefer?.I’m trying to find issues to
    improve my website!I assume its good enough
    to make use of a few of your ideas!!

Leave a comment